Kamis, 5 September 2024. SMK Negeri 3 Jakarta berkolaborasi dengan Pokja pendidikan Inklusi Jakarta Timur dalam workshop Peningkatan Kompetensi Guru dalam “Pembelajaran Berdiferensiasi”.
Acara dibuka langsung oleh Bapak Iwantoro selaku Kepala sekolah.
Workshop ini meghadirkan 3 Nara sumber yaitu Ibu Dr. Hj Deasy Idawati, M.Pd, Ibu Dr. Tri Hartini. MM, dan Bapak Rubimin, M.Pd.
Sebelum workshop…wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Ibu Lilik Musyarofah. Memberikan kesempatan kepada beberapa guru yang telah mengikuti pelatihan di luar untuk mendiseminasikan hasil pelatihan yang di dapat kepada teman- temannya.
Pak Mara Dwi berbagi pengalaman dalam mengikuti pelatihan guru penggerak, Pak Agus Aristo, guru Agama sekaligus Pembina Rois berbagi materi Karakter Peserta Didik, Bu Reva Siti Ardhita guru informatika sekaligus wali kelas juga berbagi ilmu yang didapat dengan materi Digitalisasi Sekolah.
Sesi pertama Pembelajaran Berdiferensiasi disampaikan oleh Ibu Dr. Tri Hartini menyatakan betapa pentingnya mengenali karakteristik peserta didik yang berbeda, baik siswa regular maupun PDBK. Semua siswa berhak mendapatkan layanan yang sama dengan ketercapaian yg berbeda-beda.
Kemudian dalam sesi kedua, Ibu Dr. Hj Deasy Idawati, M.Pd sempat beberikan jargon “Tidak diskriminasi, sekolah ramah anak & mengajar dengat hati” yang identik dengan pembelajaran sekarang ini.
Selanjutnya, pada materi ketiga yang disampaikan oleh Bapak Rubimin, M.Pd, beliau mengatakan bahwa merancang Pembelajaran Berdiferensiasi bisa dilakukan dengan cara mengenali karakteristik peserta didik, memberikan layanan sesuai karakter dan kebutuhan peserta didik, mengetahui gaya belajar kemampuan awal dan Minat Bakat peserta didik.
Pada akhirnya, seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan strategi untuk merancang Pembelajaran Berdiferensiasi untuk itu Ibu Lilik Musyarofah menekankan , setelah pelatihan guru mata pelajaran mengolah data dari guru BK untuk membuat profil peserta didik disabilitas terkait dg mata pelajarannya masing-masing.
Tinggalkan Komentar